JEPARA – Menindaklajuti pengambilan sumpah, pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan pengukuhan RSUD R. A Kartini dan kepala UPT Puskemas minggu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar Serah Terima Jabatan/Materiil Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemkab Jepara Tahun 2018, bertempat di Ruang Sosrokartono Setda Jepara, Kamis, (5/7). Acara tersebut disaksikan langsung Sekda Jepara Sholih, Pejabat terkait, dan tamu undangan.

Sekda Jepara Sholih mengatakan, dengan serah terima materiil ini menandakan bahwa pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator, sudah siap untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang telah ditetapkan. Bagi yang yang melaksanakan tupoksi baru diharapkan untuk mempelajari tugas tugas tersebut, sehingga bisa menyesuaikan dengan lingkungan kerja dan mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik, “mutasi dan promosi jabatan harus disikapi dengan baik, karena bagian dari pembinaan PNS, pengisian jabatan kosong dan upaya penyegaran organisasi,” katanya.

Materiil atau peralatan dan sumberdaya manusia yang secara seremonial diserahkan dari pejabat lama terhadap pejabat baru diharapkan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan tugas, maka dari itu, semua peralatan harus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai ada yang tidak difungsikan, atau difungsikan sebagian kecil saja, demikian pula dengan SDM aparatur yang perlu ditingkatkan kemampuannya melalui berbagai diklat, kursus, dan pelatihah. Dengan demikian akan mampu mengikuti perkembangan jaman dan memenuhi tuntutan serta harapan masyarakat.

Sholih menambahkan, Seiring dengan era demokrasi dan keterbukaan, tantangan birokrasi pemerintah ke depan semakin berat, serta tuntutan dan tantangan setiap OPD yang berbeda-beda diharapkan pejabat yang menempati posisi baru untuk segera memahami tuntutan dan tantangan tersebut. Ini dengan tujuan untuk meningkatkan citra pemerintah ke depan agar semakin baik, “menurut pengamatan saya masih ada OPD yang kurang strategis untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada, mereka hanya mencontoh yang sudah ada, tanpa mengembangkan kreatifitasnya,” imbuhnya.

Mengenai serah terima jabatan/materiil kali ini. jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dijabat oleh Lukito Sudi Asmara yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Kesra Setda Jepara. Kepala Dinsospermasdes, kini dijabat oleh Bambang Slamet Raharjo yang sebelumnya sebagai Staff Ahli bupati.

Muhammad Fadkurrozi yang semula sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, menempati posisi Staff Ahli. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ditempati Ratib Zaini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara (DKK), dijabat Mudrikatun. Untuk Direktur RSUD Kartini, dijabat dr. Dwi Susilowati. Camat donorojo kini diisi Moh Eko Udyyono, sedangkan camat yang lama Sutana, pindah ke kecamatan Kembang, camat Jepara diisi Muchhamad Syafi’i, yang sebelumnya diduduki Suhendro dan kini menjabat sebagai Kabag Kesra Sekda Jepara.Camat tahunan diisi Eko Kasiono, yang sebelumnya sebagai camat Pakis Aji, Camat Nalumsari diduduki Muh Tahsin, yang sebelumnya menjabat sebagai camat Pecangaan. Sedangkan camat pecangan yang baru yaitu Edi Puspodo. (Sofi’in/Diskominfo)