JEPARA – Paradigma masyarakat memandang Arsip sebagai sesuatu yg kurang menarik. Akan tetapi dengan manajemen yang benar, maka akan membuat satu perubahan. Manajemen Arsip sangat dibutuhkan dalam progres pengembangan, terlebih pada instansi pemerintahan.

Bertempat di Ruang Rapat Sosrokartono, pada Rabu (6/2). Bekerjasama menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, pemerintah Kabupaten Jepara melaksanakan pelatihan teknis manajemen kearsipan. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 peserta dari berbagai instansi di pemerintah Kabupaten Jepara. Selama delapan hari ke depan, terhitung mulai tanggal 6 hingga 15 februari, nanti peserta akan mengikuti program pola 70 jam pelajaran, meliputi materi umum, pokok dan materi penunjang.

Ketua pelaksana Dyar Susanto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dalam sambutannya mengatakan, “pelatihan teknis manajemen kearsipan ini dilaksanakan agar pada instansi masing-masing bisa tertib dan rapi serta arsip dapat terprogres sebagai manfaat dalam pendampingan melaksanakan tugas kedinasan lebih baik”, tuturnya.

Pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti akuntabilitas sekaligus bentuk pertanggungjawaban instansi atau lembaga dalam penyelenggaraan negara.

Kepala BPSDMD Jawa Tengah M. Arif Irawan dalam sambutannya mengatakan, arsip sebagai sesuatu yang penting. Dirinya mengajak para ASN agar tertib dalam mengelola arsip pada instansi pemerintahan. Dalam era teknologi sekarang, harus menjadikan motivasi menuju perubahan, sehingga dalam pelayanan masyarakat akan dapat berjalan dengan cepat dan mudah. “Bagaimana orang maju dilihat dari pengelolaan arsip. Sementara dengan kegiatan ini akan meningkatkan ASN tentang profesionalisme dalam mengelola arsip,” katanya.

Dalam rangka menantang perkembangan jaman, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), Jepara akan memulai gerakan tersebut agar tata pengelolaan arsip di pemerintahan dapat lebih tertib serta terjaga kerahasiaannya. Maka diperlukan arsip yang dikelola dengan sistem yang benar-benar dapat dibuat dengan baik. Untuk itu, Meningkatkan kualitas SDM pengelola menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan (DiskominfoJepara/Aldo/Rizal)